Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pisang Mentah Saos Gula Merah dan Rasanya Cobain Sendiri Aja Yah



#Ask untuk semua pembaca, mau tanya nih. Kalian ada yang suka buah Pisang nggak? Atawa kalian memang nggak suka sama sekali dengan yang namanya buah Pisang? Stop!. Simpan dulu jawaban kalian dalam hati ya, dan cukup berikan isyarat dengan menganggukkan kepala jika setuju atawa gelengkan kepalanya bila tidak setuju. Ok!

Masih mengenai buah Pisang nih, dan suka atau tidak suka pastinya kalian sangat familiar dengan buah yang memiliki motiv melengkung seperti bulan sabit dan mempunyai ciri khas berwarna kuning ini. Bagaimana tidak, buah yang satu ini sangat fenomenal dan sering kali kita jumpai dibeberapa tempat seperti di Pasar maupun ditoko-toko buah atau mungkin salah satu atau salah banyak dari pembaca bahkan ada yang memiliki Pohon Pisang dirumahnya? Hayo ngaku, kapan nih panennya?.



Ok gaes, untuk pembahasan berikutnya masih sama kok, yaitu masih seputaran tentang buah Pisang. Santai saja saya nggak akan bahas-bahas soal politik, karena politik memang nggak asik untuk dibahas (Wah masa sih? Sok tahu nih saya). Oh ya gaes, pastinya kita tahu donk buah Pisang dan orang londo biasa bilang Banana, tetapi apakah kalian ada yang hafal nama-nama Pisang dari berbagai jenis bentuknya? Kalau saya sih tidak begitu hafal dengan nama-namanya maupun jenisnya. Yang baru saya tahu adalah:


Pisang Muli : Bentuknya mini, imut-imut gimana gitu dan rasanya makyus.


Pisang Batu : Bentuknya sedikit lebih besar dan panjang dari Pisang Muli, Pisang Batu ini banyak sekali mengandung biji-biji keras sebesar biji buah Kates didalamnya.


Pisang Ambon : Bentuknya sedang tidak terlalu besar tetapi jauh lebih besar dari pada Pisang Batu, Pisang Ambon Ini sangat enak dan nikmat dan sangat pas porsinya bila dilahap untuk satu orang.

Kemudian Pisang Kepok : Bentuknya juga sedang, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, biasanya jenis Pisang Kepok ini sering kita jumpai dalam bentuk pisang goreng diwarung gorengan.


Itulah sedikit pengetahuan saya tentang buah Pisang, dan pastinya kalian juga dipersilahkan untuk menuangkan pengetahuannya tentang buah Pisang dikolom komentar dibawah ini. Untuk pembahasan berikutnya saya akan membahas sesuai tema pada judul artikel ini yaitu "Pisang Mentah Saos Gula Merah dan Rasanya Cobain Sendiri Aja Yah". Pisang mentah yang saya maksud disini adalah Pisang yang masih mentah, dalam artian Pisang yang belum Masak dan akhirnya matang juga setelah dimasak. Gimana pasti bingung ya? Sama saya juga bingung nih.


Singkat cerita tujuan saya menulis artikel ini diawali dan didasari dengan rasa lapar. Ya, sore tadi tiba-tiba saya ingin memakan sesuatu tetapi bukan untuk memakan makanan yang berat-berat, sebut saja kepingin ngemil gitu. Saya bingung dan memikirkan apa yang harus saya makan? Nggak mungkin donk saya makan centong, garpu, sendok atau pisau dapur, ya kan?. Kemudian saya baru ingat bahwa ibu (emak) saya, siang tadi membawa pulang buah Pisang kerumah yang entah dari mana asalnya. Lapar saya makin menjadi-jadi dan bergegas mengobrak-abrik seisi rumah untuk mengetahui dimana buah Pisang tersebut disimpan. Tidak kusangka dan tidak ada kamera akhirnya saya menemukan buah Pisang tersebut, atas keberhasilan saya ini pastinya saya merasa bangga dan terharu, sekarang saya sangat yakin bahwa Hasil Tidak Akan Mendustai Proses. Kemudian tanpa berfikir panjang saya bergegas untuk menyiapkan beberapa alat tempur dan bahan-bahan yang ada seperti :


1.Pisang Seadanya, boleh menggunakan Pisang jenis apa saja. Tetapi tidak baik dan tidak disarankan untuk Pisang Batu.


pisangjili.jpg


2.Garam Halus atau Garam Kasar (Jangan lupa dihaluskan Garam Kasarnya)


jiligaremalus.jpg


3.Gula Merah atau Gula Jawa, bisa juga diganti dengan Gula Sumatera atau Gula Papua


gulamerahjili.jpg



Untuk cara pengolahannya :


pggjili.jpg


Yang Pertama, kupas kulit Pisang terlebih dahulu, potong sesuai selera kemudian cuci Pisang tersebut sampai bersih dan kesat hingga tidak ada noda(Getah) sedikitpun.



Yang Kedua, rendam potongan Pisang yang telah dibersihkan kedalam wadah berisi air yang sudah diberi garam, aduk hingga merata dan diamkan selama 5 menit.



Yang Ketiga, Siapakan wajan, panaskan minyak makan kemudian masukan Pisang tersebut dan masak hingga Pisang mengering dan berwarna kekuningan.


wajanpisangjili.jpg


Yang ke Empat, jika semua Pisang sudah matang, siapkan wajan baru tanpa minyak makan kemudian masukkan Gula Merah tersebut dan lelehkan.


Yang ke Lima, inilah hasil masakan versi saya ala Chef Junnet "Pisang Mentah Saos Gula Merah dan Rasanya Cobain Sendiri Aja Yah" .


smpisangjili.jpg


Agar lebih berselera ketika menyantapnya, kalian bisa menambahkan keju, coklat, susu atau apa saja sesuai dengan selera.


Sekian dan Terima Kasih Banyak Untuk Pembaca :)

3 komentar untuk "Pisang Mentah Saos Gula Merah dan Rasanya Cobain Sendiri Aja Yah"

  1. Weh? Pisang direndam air garam. Baru tahu aku. Takutnya malah keasinan, hahaha XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secukupnya saja mas, supaya ada gurih-gurihnya gitu. Haha

      Hapus
  2. makasih ya atas Infonya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus