Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tampil Nyentrik Memakai Batik, Kapan Saja, Dimana Saja. Gimana #MenurutLoh?


Batik Motif Kawung : Motif ini berbentuk teratai yang sedang merekah. Motif Kawung ini melambangkan kesucian dan umur panjang.
14724447_1662028567441852_31103680954078

Photo : dokumen pribadi


Ketika mendengar atau membaca kata batik, yang terlintas di benak saya adalah tentang keunikan pada motif batik tersebut. Tentunya, keindahan motif batik tidak lepas dari peran tangan-tangan kreatif pengrajin batik. Dunia pun mengakui bahwa batik adalah salah satu karya seni asli dari Indonesia . Yuk kita lestarikan karya seni batik warisan nenek moyang kita.

***

Tulisan yang saya posting ini terinspirasi dari seorang wanita yang bertugas sebagai Editor trivia.id yaitu Resty Amalia dalam tulisannya yang berjudul "Inspirasi Batik Gaul. Kamu Tetap Bisa Berpenampilan Santai dan Gaul dengan Memakai Batik Lho".

***


Bicara soal batik, saya ada cerita lucu nih. Lucu gimana? Ya lucu aja, karena gara-gara batik, kita bisa menjadi Peramal dadakan. Nggak percaya? Coba deh kamu perhatikan orang-orang yang ada disekitar kamu, saat mereka sedang menggunakan batik, tentunya kamu bisa meramal mereka dengan mudah, kamu pasti akan tahu mereka mau kemana atau habis dari mana , ya kan?hehe.

KONDANGAN : Kenapa batik identik dengan kondangan pada acara resepsi penikahan? karena, acara resepsi pernikahan adalah acara yang sangat sakral atau formal, dan batik memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia. Jadi, sudah sewajarnya kita menggunakan batik tersebut.

***

5 Alasan Yang Membuat Kita Berfikir Sebelum Menggunakan Batik!

  1. Batik Hanya Bisa digunakan Pada Acara Formal atau Informal Saja!
  2. Terlihat Seperti Lebih Tua!
  3. Terlihat Aneh!
  4. Terlihat Kaku!
  5. Tidak Bisa Santai Seperti di Pantai!

Sebelumnya, batik hanya digunakan pada saat acara formal maupun informal saja seperti, Resepsi Pernikahan. Namun, seiring berkembangnya zaman, warna dan corak batik terus di kembangkan oleh pengrajin batik. Pengrajin batik semakin kreatif dalam membuat motif dan warna-warna batik sehingga menjadi lebih modern atau kekinian. Kini, batik bisa digunakan kapan saja dan dimana saja, bahkan pada saat bersantai ria kita juga bisa menggunakan batik.

Perpaduan antara celana batik etnik dan kaos ini membuat sipemakainya lebih santai dan semakin cantik.

2016-09-23-12-55-10-batikgauldiansastrow

Photo credit: dian sastrowardoyo-lemari lila

Bagaimana? Apakah saat ini batik hanya bisa di-aplikasi-kan pada acara formal atau informal saja?. Apakah dengan memakai batik penampilan kita akan terlihat seperti lebih tua?, terlihat aneh?, ketinggalan jaman?, kaku dan nggak bisa santai kayak di pantai? Tentunya tidak bukan?!.

***

Mengenal Motif Batik Lampung

Masih seputar dunia batik : Berhubung saya (Penulis) kelahiran Lampung, saya akan memperkenalkan motif batik khas Kota Lampung. Ada yang sudah tahu seperti apa motif batik Lampung? Kalau belum, berikut kilasannya.

  • Menurut sumber sejarah :Batik Lampung tercipta melalui proses panjang. Batik Lampung mulai berkembang pada tahun 1970-an dan dipelopori oleh Andrean Sangaji (seorang budayawan Lampung). Sejatinya Lampung lebih di kenal dengan kain tenun tradisionalnya yakni, "kain tapis siger".
  • Motif Batik Lampung diambil dari motif kain tradisional Lampung yang telah berkembang sebelumnya. Seperti motif gamolan, siger, kupu-kupu, dan gajah. Hal tersebut merupakan simbol perkembangan budaya yang diaplikasikan ke dalam motif batik yang diangkat dari akar budaya daerah masing-masing.

Baju Batik Lampung Motif Gajah dan Siger Bernuansa Alam: Motif ini melambangkan tentang kakayaan alam yang ada di Lampung.

106dg1v.jpg

Photo : dokumen pribadi

Baju Batik Lampung Motif Siger : Siger adalah mahkota khas Lampung yang merupakan simbol keagungan Budaya Lampung yang dikenakan oleh Kebayan [Pengantin] dan Bangsawan Lampung.

2ebrbxg.jpg

Photo : dokumen pribadi

Perpaduan Baju Batik Lampung dan Celana Jeans

m7k46.jpg

Photo : dokumen pribadi

Untuk kamu yang Hobi ke Pantai, Coba Aplikasikan Batik Motif Awan (Mega Mendung khas Cirebon), dan padukan dengan celana pendek.

2rh7fxl.jpg

Photo : dokumen pribadi

Semoga bermanfaat ya!

7 komentar untuk "Tampil Nyentrik Memakai Batik, Kapan Saja, Dimana Saja. Gimana #MenurutLoh?"

  1. Cowo kalo pake batik itu..ganteng nya jdi nambah....bner kan aji????��

    BalasHapus
  2. klo menurut saya pribadi menggunakan batik itu biar kelihatan modern,kenapa? karna orang" bule saya pada senang pake batik , batik itu unik dan tradisinal namun tetap kelihatan modern sesuai perkembangan jaman semoga batik indonesia tetap lestari.

    BalasHapus
  3. dukung terus produk Indonesia gan, mantap

    BalasHapus
  4. Nice post nihh.. http://unclemandra.blogspot.co.id/2016/10/ekspresi-anak-muda-indonesia.html?m=1 kunbal yuk jak

    BalasHapus