Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seperti Apa Spinner Fidget yang Asli? Siapa Pencipta Spinner Fidget? (Bloomberg)

Beberapa publikasi dikreditkan Catherine Hettinger sebagai penemu pemintal gelisah. Dia tidak.

Pemintal gelisah adalah mainan yang duduk seperti baling-baling di jari seseorang, dengan pisau yang berputar di sekitar bantalan. Bergantung pada selera pribadi Anda, melihat gerakan pemintalan memikat atau menjengkelkan. Tetapi bahkan bagi mereka yang tidak ingin bermain dengan para pemintal itu sendiri, kisah gizmo tersebut menyajikan sebuah perumpamaan klasik tentang penemu kecil tersebut dengan gagasan besar yang sempat terpotong saat saatnya tiba. Narasi semacam ini adalah Memikat dengan andal bahkan saat-seperti dalam kasus ini-ini tidak benar adanya.

Selama seminggu terakhir ini, gelombang media, termasuk Guardian  dan New York Times , telah menyatakan bahwa Catherine Hettinger, seorang wanita yang tinggal di daerah Orlando, adalah penemu pemintal gelisah. Hettinger tidak terlibat dalam salah satu perusahaan yang membuat mainan populer dan mengatakan kepada reporter di Guardian bahwa dia mengalami kesulitan keuangan. Liputan pers dengan cepat membeku di seputar interpretasi yang disimpulkan ahli oleh penulis utama di New York Post: " Wanita yang Menemukan Tukang Lengket Tidak Mendapatkan Jongkok ."

Hettinger, 62, adalah seorang insinyur kimia dengan pelatihan dan mengatakan bahwa dia selalu menjadi pemicu. Dia pertama kali mendapat  dua paten  untuk tatakan yang akan membantu orang mengendalikan makanan mereka dengan memberi tahu mereka berapa makanan yang mereka makan ditimbang. Pada tahun 1993, dia mengajukan paten ketiga, yang mencakup alat melingkar yang dibentuk dari sepotong plastik yang berputar di ujung jari. Dalam aplikasi patennya, Hettinger menggambarkan bentuk perangkat itu mirip gedung US Capitol. Bisa juga berupa frisbee aneh atau mainan UFO. Dia menyebutnya "mainan berputar".

Hettinger ini  paten diberikan  pada tahun 1997. Dia bilang dia mulai membuat perangkat di ruang cuci nya, menggunakan mesin dia membeli dari produsen tanda-membuat tidak berfungsi dan menjual mereka di pameran seni. Hettinger melakukan perjalanan ke konvensi mainan dan memasang pemintal ke Hasbro Inc., yang dipuji oleh pasar dan akhirnya memutuskan untuk tidak mengajukan kesepakatan, katanya. Hasbro tidak menanggapi permintaan wawancara.

Pemegang paten harus membayar secara berkala untuk mempertahankan hak paten mereka, dan Hettinger membiarkan pematenan paten mainan terputus pada tahun 2005. Lebih dari satu dekade kemudian, pada tahun 2016, generasi sekarang mainan pemintal jari menjadi sasaran. Selain pemintalan, perangkat ini hanya memiliki sedikit kesamaan dengan mainan Hettinger. Mereka mengandalkan mekanisme gerakan yang sama sekali berbeda. Namun, ketika seseorang membuat halaman Wikipedia untuk pemintal gelisah bulan April ini, ini menggambarkan Hettinger sebagai penemunya.

Ketika dia pertama kali mendengar tentang halaman Wikipedia, Hettinger mengatakan bahwa dia berasumsi bahwa salah satu temannya telah berhasil melakukannya. Tapi dia bertanya berkeliling, dan tidak ada yang bisa melakukan hal itu. Wartawan mulai menelepon, dan dengan senang hati dia menceritakan kisah bagaimana dia menemukan pemintal itu.

Selain halaman Wikipedia, Hettinger mengakui bahwa tidak ada bukti adanya hubungan langsung antara cakram plastiknya sendiri dan pemintal gelisah yang populer saat ini. Dia mengatakan bahwa dia tidak memiliki pendapat apakah patennya akan berlaku untuk mereka. "Anda harus menghubungi pengacara paten. Ini jauh melampaui saya, "katanya.

Bloomberg meminta dua ahli paten untuk meninjau kembali ide Hettinger untuk mainan berputar. Mereka datang dengan skeptis terhadap hubungannya dengan mode saat ini. "Dengan membacanya, sepertinya tidak menutupi produk yang orang jual sekarang," kata Jeffrey Blake, seorang partner di Merchant & Gould, sebuah firma hukum yang berfokus pada kekayaan intelektual. Hettinger tidak membantah kesimpulan ini. "Anggap saja saya mengaku sebagai penemunya," katanya. "Anda tahu, 'klaim Wikipedia,' atau semacamnya. '

Pencarian paten untuk kata-kata "mainan berputar" menarik ribuan paten yang mencakup segala hal mulai dari yo-yo hingga "mainan terbang untuk peluncuran baling-baling dengan bagian pendispersi cair," dan dimulai lebih dari satu abad. Tidak jelas paten mana, jika ada, akan menutupi pemintal gelisah saat ini. Jika mainan memiliki penemu sejati, dia tetap tidak jelas.

Bahkan jika paten Hettinger telah menutupi pemintal saat ini, dan dia tidak membiarkannya gagal pada tahun 2005, dia tidak akan mengklaim kekayaan yang tercipta selama ledakan pemintal yang dimulai tahun lalu. Patennya akan berakhir pada 2014, 17 tahun setelah dikeluarkan, kata Blake. Inilah filosofi di balik perlindungan paten: Penemu membuat karya mereka menjadi publik dengan imbalan hak eksklusif untuk mengkomersilkannya. Tapi hak itu harus berakhir untuk menghindari monopoli abadi. "Sistem paten bekerja sebagaimana mestinya," kata Blake.

Ini bukan untuk mengatakan bahwa penemu solo atau perusahaan kecil tidak sering kalah, terutama saat mereka membuat produk seperti mainan yang bisa disalin dan didistribusikan dengan relatif mudah. Proses hukumnya adalah beruang bahkan bagi mereka yang memiliki klaim yang sah. "Biaya dan waktu yang terlibat dalam sistem penegakan hukum menyulitkan penemu kecil itu," kata Mark Gober, direktur senior Sherpa Technology Group, yang berkonsultasi dengan perusahaan mengenai isu-isu terkait kekayaan intelektual. Banyak penemu menemukan diri mereka terdorong ke pelukan perusahaan yang lebih besar justru karena mereka tidak dapat menangani masalah ini sendiri, katanya.

1 komentar untuk "Seperti Apa Spinner Fidget yang Asli? Siapa Pencipta Spinner Fidget? (Bloomberg)"