Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisahku yang Akhirnya Terjerumus dan Keasikan Nge-blog di Blogspot via Hp


Untuk agan-agan blogger yang biasa nge-blog dengan bermodalkan alat-alat tempur seperti PC, Laptop atau Smartphone, saya rasa tidak akan kebingungan dan panik jika ingin melakukan aktivitas blogging di Blogspot dimanapun dan kapanpun. Tetapi, apalah daya blogger newbie seperti saya ini yang ingin juga melampiaskan coretan demi coretan kehampaan di Blogspot yang hanya berbekal alat tempur yang sangat-sangat sederhana, disanalah kadang saya merasa sedih. Tetapi, saya teringat pada pepatah kuno yang bertuliskan "Banyak Jalan Menuju Roma", dan pepatah ini akan terus berlaku hingga akhir zaman. Semoga semangat saya untuk terus menulis dan mencari cara baru di Blogspot ini mudah-mudahan selalu berkobar.



Kisahku yang akhirnya terjerumus dan keasikan nge-blog di Blogspot via Hp


bloghpjili.jpg




Kisah nge-blog di Blogspot ini berawal dan terjadi pada saat pergantian tahun 2016 kemarin, dimana pada saat itu saya merasa benar-benar sangat lelah dengan segala cara-cara yang ada dan hanya itu-itu saja. Walaupun saya sudah mendengar Blogspot sejak lama, tetapi baru dua bulan inilah saya memberanikan diri untuk menulis disini dan membiarkan diri ini terjerumus di Blogspot semakin dalam.


Saya masih sangat baru di Blogspot, postingan sayapun masih bisa dihitung dengan jari. Mohon ma'af untuk semua pembaca dan agan-agan Blogger yang tidak sengaja maupun yang sengaja mampir disini tetapi tidak menemukan artikel yang menarik, berkualitas dan bermanfaat untuk yang lainnya, ya inilah postingan saya yang apa adanya dan blog ini memang dikhususkan hanya sebagai coretan kehampaan saya saja.


Ada satu kisah yang membuat saya terjerumus dan keasikan nge-blog di Blogspot, dan kisah itu berawal dari "Label Tag", karena Label Tag-lah yang membuat saya terjerumus dan keasikan nge-blog di Blogspot. Untuk agan blogger yang sudah lama berkecimpung di Blogspot pastinya bertanya-bertanya :


Agan Blogger : "Kenapa Label Tag?"


Saya: "Karena platform Blog yang saya gunakan sebelumnya belum mendukung fitur Label Tag",


Agan Blogger : "Saya rasa tanpa Label Tag kitapun masih bisa menulis dan menerbitkan postingan?"


Saya : "Itu sangat benar, tetapi Label Tag biasanya selalu dijadikan persyaratan untuk ajang Lomba Blog atau Blog Competition."


Sebelum saya memulai nge-blog di Blogspot, sebelumnya saya masih belajar menulis dan belajar mengenal apa itu Blog di MyWapBlog, kalau tidak salah sejak tahun 2012 saya terjun di MyWapBlog dan saya masih terus belajar sampai hari ini dan seterusnya. Sekitar 4 tahunan saya nge-blog disana dan selama itu pula saya tidak pernah menerbitkan postingan yang berkualitas dan bermanfaat untuk pembaca. Jujur saja saya tidak ada keahlian khusus yang bisa saya share, Mohon ma'afkan saya ya. Saya tidak terkenal di MyWapBlog apa lagi di Blogspot . Hehe, tetapi saya tau beberapa senior di MyWapBlog yang rajin berbagi pengetahuannya seperti Kang Ezterahyo, Kang Flambon, Om David Khoirul, abang Yakubnay dan masih banyak lagi yang lainnya.


Saya cukup jengah dengan semua postingan saya selama di MyWapBlog yang datar-datar saja dan tidak ada manfaatnya, bahkan bukan hanya untuk orang lain, untuk saya pribadipun tidak bermanfaat sama sekali, sungguh ironis sekali ya!. Dari sinilah kejengahan saya muncul dan timbul pemikiran bagaimana caranya supaya artikel yang saya terbitkan layak untuk dibaca, dan akhirnya saya mendapatkan informasi tentang adanya Lomba Blog. Dari Lomba Blog-lah saya bisa belajar dan melatih bagaimana cara menulis yang baik dan benar dan layak untuk dibaca. Pada kesempatan perlombaan Blog Competition yang pertama dan yang kedua masih bisa saya ikuti menggunankan platform blog MyWapBlog dan bisa saya penuhi semua persyaratannya, namun pada perlombaan yang ketiga dan seterusnya, saya merasa kesulitan karena Lomba Blog yang diadakan harus memenuhi salah satu persyaratan yaitu memberikan "Label Tag" pada postingan yang diikut sertakan pada perlombaan. Karena "Label Tag" inilah yang membuat saya kebingungan dan hampir menyudahi untuk tidak lagi mengikuti perlombaan blog yang ada. Ya, di MyWapBlog memang belum mendukung fitur "Label Tag". Saya sudah googling kesana kemari dan ternyata MyWapBlog tidak menyediakan fitur "Label Tag". Sebelumnya, selaku owner MyWapBlog (MR. Arvind Gupta), beliau ada keinginan untuk menambahkan fitur "Label Tag" di MyWapBlog, namun sampai saat ini fitur tersebut belum juga direalisasikan. Dari pengalaman inilah saya mencari cara bagaimana caranya supaya saya tetap bisa mengkitu lomba dan terus melatih kemampuan saya dalam menulis di-blog, dan timbulah rasa ingin mencoba hal yang baru untuk menulis di Blogspot.


Kemudian saya googling mencari informasi bagaimana caranya nge-blog di Blogspot dengan menggunakan hp, lebih tepatnya hp jadul. Alhamdulillah pencarian saya dijawab oleh mas Perilian melalui artikelnya yaitu "Cara Cepat Posting Artikel di Blogger Lewat HP". Sayapun langsung bersemangat untuk mencobanya, dan sayapun berhasil menerbitkan postingan saya yang pertama di Blogspot ini menggunakan hp, tetapi apa yang terjadi? Karena alat tempur yang saya gunakan sangat sederhana dan mempunyai banyak keterbatasan, akhirnya saya hanya bisa menerbitkan postingan tanpa adanya "Label Tag". Kemudian saya mencari cara lain untuk memberikan "Label Tag" pada postingan yang saya ikuti pada perlombaan blog, dan akhirnya mau tidak mau saya harus meminjam smartphone adik saya hanya untuk menambahkan "Label Tag" pada postingan yang saya libatkan pada perlombaan. Akan tetapi, tidak enak rasanya jika terlalu sering meminjam barang orang lain, dan sayapun terus mencari cara untuk tidak lagi membebani orang lain, dan akhirnya cara baru yang tidak sengaja telah saya temukan, berikut penjelasannya :




Nge-blog di Blogspot via Hp


1. Download Apps Uc Browser sesuai type hp yang agan punya, saya sendiri menggunakan Hp Nokia C5 00 2 (Symbian). Kenapa saya menyarankan Uc Browser dan bukan Operamini? Karena operamini tidak lagi mendukung aktivitas nge-blog di Blogspot via hp.


ucjili.jpg


2. Seperti biasanya, buka Apps Uc Browser dan ketikan "Blogger" dikolom pencarian atau Address bar.


ucjili1.jpg


3. Klik link "Blogger" pada hasil pencarian.


ucjili2.jpg


4. Nanti sobat menjumpai halaman seperti ini, seperti biasa isi kolom tersebut sesuai dengan akun gmail yang sobat miliki.


ucjili3.jpg


ucjili4.jpg


5. Klik link berikutnya dan isi kolom pasword gmail sobat.


ucjili5.jpg


6. Yang terakhir sobat akan diarahkan kehalaman dasbord pada platform Blogspot sobat.


ucjili6.jpg


Nah, sampai disini berarti sobat telah login di akun Blogspot, kemudian jika sobat ingin memposting artikel silahkan klik link Posting Artikel, nanti sobat menjumpai halaman seperti ini :


ucjili7.jpg


ucjili8.jpg


Sampai disini sobat hanya bisa menerbitkan artikel atau menyimpannya di draf dan tidak bisa mencantumkan "Label Tag" secara bersamaan.


ucjili9.jpg


Ini postingan yang saya terbitkan tadi tanpa "Label Tag".


ucjili10.jpg


Untuk menambahkan "Label Tag", sobat bisa mengikuti cara yang pertama yaitu masuk pada menu dasbord Blogspot. Anggap saja akun ini milik sobat, kemudian klik link yang bertuliskan "10 Pos".


ucjili11.jpg


Kemudian sobat klik link artikel yang baru saja sobat terbitkan tadi "Test".


ucjili12.jpg


Kemudian sobat akan menjumpai halaman untuk megedit postingan dan "Label Tag" seperti ini.


ucjili13.jpg


Gulirkan kursor sobat kebawah dan klik yang bertuliskan "Label".


ucjili14.jpg


Kemudian isi "Label Tag" yang sobat inginkan, dan klik "Selesai" untuk menyimpan "Label Tag" yang baru saja sobat buat. Sebagai contoh :


ucjili15.jpg


Nah, sekarang "Label Tag" sobat (Test gan, test) sudah tersimpan.


ucjili16.jpg


Kemudian arahkan kursor sobat keatas dan klik "Perbarui".


ucjili17.jpg


Jika ada pemberitahuan seperti ini abaikan saja ya sob.


ucjili18.jpg


Kembali ke menu dasbord blog sobat kemudian lihat artikel yang sudah sobat berikan "Label Tag" tadi, dan inilah hasilnya :


ucjili19.jpg



Terima Kasih untuk semua Pembaca dan Selamat Mencoba!!!

7 komentar untuk "Kisahku yang Akhirnya Terjerumus dan Keasikan Nge-blog di Blogspot via Hp"

  1. wah hebat ente gan semangat terus ya. jangan lupa mampir gan http://caranulisku.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Menurut saya ngeblog itu ibarat narkoba.. Bikin kecanduan ama asyiknya.. Hehehe.. Silakan maen ke tempat ane gan.. Ardi And Word

    BalasHapus
  3. Wow ajib gan! Ajarain ane donk? Pengen bisa nih.

    BalasHapus
  4. Wow ajib gan! Ajarain ane donk? Pengen bisa nih.

    BalasHapus
  5. wlaupun sedikit repot tapi kalo udah cinta blog yang pasti berusaha..weeewewew

    BalasHapus
  6. pernah saya alami gan. awalnya juga begtu,mau ngatur paragraf saja susah. Y tetap semangat ya gan ane mendukung mu

    BalasHapus